Karet Bantalan Jembatan Type Polos | Elastomeric Bearing Pads | Elastomer Jembatan | Karet Bantalan Jembatan | Rubber Fender Karet Bantalan Jembatan Type Polos -->

Karet Bantalan Jembatan Type Polos



Karet Bantalan Jembatan atau  Bantalan Elastomer adalah salah satu dari  jenis tumpuan jembatan (bearing bridge ) yang sangat simple,ekonomis dan mudah instalasinya ( pemasangannya ) dibandingkan dari berbagai  Jenis Karet Bantalan Jembatan atau  Bantalan Elastomer  lainnya.

Jenis tumpuan ( bearing ) ini paling banyak digunakan pada konstruksi jembatan. Sedangkan Fungsi Karet Bantalan Jembatan atau Bantalan Elastomer hampir sama dengan jenis tumpuan yang lainnya.



Desain yang simple, ekonomis, tidak korosi,mudah di instalasi dan perawatannya yang mudah/murah menjadi pertimbangan tersendiri untuk pemilihan jenis tumpuan ini. Di Indonesia jenis tumpuan ini sudah sangat dikenal oleh para konsultan maupun kontraktor jembatan. Departemen Pekerjaan Umum bekerja sama dengan BSN telah mengatur  SNI Karet Bantalan Jembatan atau Bantalan Elastomer dengan dikeluarkannya SNI 3967 : 2008  yang mengatur Spesifikasi bantalan elastomer tipe polos untuk perletakan jembatan. SNI ini  mengadopsi dari Standard International : AASHTO M 251-06, Standard spesicifcation for plain elastomeric bridge bearings

Karet Bantalan Jembatan atau Elastomer Bearing Pads type polos : 


Merupakan Karet Bantalan Jembatan atau Bantalan Elastomer yang dibuat dari material karet alam( baca Bahan Karet Bantalan Jembatan atau Bantalan Elastomer )( natural rubber ) maupun Karet Sintetis ( seperti Neoprene)  tanpa di insert /disisipkan lembaran pelat baja tipis ( biasanya tebal 3 mm ) didalamnya. Tumpuan jenis ini biasanya dipakai pada jembatan dengan tingkat pembebanan rendah.

Tidak ada komentar:

Popular Posts