Selama Beberapa
Dekade, Para Insinyur Telah Menggunakan Karet Konstruksi Anti Gempa Pada
Struktur Bangunan. Sejak Tahun 1950, Telah Dibangun Jembatan Jalan Raya Untuk
Mengatasi Permasalahan Ekspansi Termal, Dan Meredam Getaran Dari Kereta Api Dan
Jalan Raya Pada Bangunan. Sebelum Tahun 1980, Komposisi Senyawa Tersebut
Digunakan Untuk Meredam Getaran Bangunan Dari Gempa Bumi. Dengan Cara Memasang
Elastomer Bearing Pads, Hal Itu Merupakan Kesuksesan Terbesar, Dan Jika
Digunakan Lebih Luas, Mereka Memiliki Potensi Untuk Menyelamatkan Jutaan Nyawa
Dan Mencegah Jutaan Dollar Karena Kerusakan.
Meskipun Demikian, Masih Banyak
Kurangnya Perlindungan Dari Teknik Seismic Rubber Bearing Pads Yang Tepat. Di
Negara-Negara Yang Sedang Berkembang, Masalahnya Sangat Kuat. Sebuah
Investigasi Telah Dilakukan Oleh Tim Dari Los Angeles Times Dan Menemukan Lebih
Dari 1.000 Bangunan Beton Tua Di Kota Yang Bisa Runtuh Sewaktu-Waktu Jika
Terjadi Gempa Bumi. Ada Banyak Cara Untuk Membuat Bangunan Menjadi Tahan
Terhadap Gempa Bumi. Pada Struktur Kayu, Strapping Tambahan Dapat Dipaku Ke
Bagian Utama Dari Kerangka. Beton Baja Yang Diperkuat Adalah Pilihan
Alternatif.
Dengan Kekuatan Dan
Kelemahan Masing-Masing, Mereka Saling Melengkapi, Meskipun Tidak Cukup Kuat
Untuk Mencegah Kerusakan Dari Gempa Yang Besar.Beberapa Bangunan Menggunakan
Peredam Yang Mirip Dengan Penyerap Getaran Pada Mobil. Yang Paling Efektif
Adalah Mengisolasi Pada Dasar, Di Mana Bangunan Dipisahkan Dari Tanah
Menggunakan Peredam Atau Bantalan Jembatan Ekspedisi.
Untuk Memisahkan
Bangunan Dari Gerakan Horisontal Gempa Bumi. Sistem Ini Tidak Menyerap Energi
Gempa, Melainkan Pengalihan Energi Melalui Sistem Dinamika Sehingga Tidak
Ditransmisikan Ke Seluruh Struktur Bangunan.
Yang Membuat Karet Bantalan Jembatan
Begitu Efektif Adalah Mereka Terbentuk Dari Lembaran Tipis Karet Alam Yang
Terikat Dengan Steel Plate. Menjadikan Kaku Ke Arah Vertikal Ketika Fleksibel
Ke Arah Horisontal. Dengan Kata Lain, Karet Elastomer Bearing Cukup Kuat Untuk
Menyangga Bangunan, Tetapi Cukup Lentur Untuk Meredam Energi Gempa Bumi. Ide
Memperkuat Blok Karet Dengan Plat Baja Tipis Diciptakan Oleh Eugene Freyssinet.
Dia Berkata Bahwa Kapasitas Vertikal Lembaran Karet Berbanding Terbalik Dengan
Ketebalan. Sepotong Tipis Karet Bisa Menjadi Kaku Ke Satu Arah Tetapi Fleksibel
Ke Arah Lain.
Elastomeric Bearing
Pads
Pemakaian Elastomer
Jembatan (Bantalan Karet Elastomer Atau Elastomer Bearing Pads) Sangatlah
Penting Dalam Pembangunan Fly Over,gedung Bertingkat Dan Lainya. Elastomeric
Bearings Pads Berfungsi Sebagai Penerus Beban Pada Bagian Atas Struktur
Jembatan Ke Bagian Bawah Struktur Jembatan, Biasanya Terletak Pada Bagian Bawah
Girder Jembatan Atau Fly Over. Ukuran Bantalan Elastomer / Elastomeric Bearing
Pads Tergantung Pada Beban Jembatan Tersebut, Terdapat 2 Tipe Elastomeric
Bearing Pads Yaitu :
1. Elastomeric Bearing Pads Type Polos –
Tanpa Steel Plate
2. Elastomeric Bearing Pads Type Laminated
– Terdapat 2, 3, 4 Ataupun Lebih Plat Pada Bagian Dalam Elastomer Bearing Pads.
/ Sesuai Dengan Permintaan Customer.
BCS Rubber Industry
Menyediakan Pembuatan Elastomeric Bantalan Karet Untuk Meredam Gempa. Material
Yang Kami Gunakan Adalah Karet Alam “ Natural Rubber “Dan Bahan Lain Yang Dapat
Kami Sesuaikan Dengan Tujuan Penggunaan Bantalan. Kami Juga Dengan Senang Hati
Apabila Costumer-Costumer Kami Bisa Berkunjung Ke Workshop Kami Dengan Tujuan
Sekedar Bersosialisasi Mengenai Bantalan Karet Untuk Meredam Gempa,hubungi
Kami, Bcs Rubber Industry Untuk Keperluan , Bantalan
Karet Untuk Meredam
Gempa Jembatan Dengan Kualitas Terbaik Dan Dengan Harga Bersaing.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar